Pages

Dampak Teknologi Terhadap Sosialisasi

       Sibuk dengan laptop/PC anda seharian? Game online menyita waktu anda? Lebih sering berkomunikasi dengan media sosial? Rata-rata orang akan menjawab "iya" saya yakin. Kemajuan teknologi sudah merajalela. Baik anak kecil, remaja, maupun dewasa kian merasakannya. Sebutan Gadget Freak -(Orang yang sangat menyukai gadget)-pun muncul. Sekarang, sudah jarang orang yang menggunakan telepon umum, karena sudah terdapat telepon genggam berteknologi tinggi tersebar dimana-mana, ditangan anda salah satunya. Namun, tahukah anda bahwa kemajuan teknologi memiliki pengaruh terhadap sosialisasi dimasyarakat?

1. Sulit Bersosialisasi secara Langsung (face to face).
         Sadarkah anda bahwa anda lebih sering berkomunikasi via online atau offline (menggunakan layanan sms atau telepon) dikehidupan sehari-hari anda? Sadarkah anda bahwa anda sering sibuk sendiri dengan gadget yang ada ditangan anda? Ya, mereka ada dampak dari kemajuan teknologi. Hal ini jelas berpengaruh pada sosialisasi dimasyarakat. Sulit bersosialisasi langsung (face to face) dan lebih senang berkecimbung dengan gadget anda. Mulai dari anak kecil yang lebih sering bermain dengan gadgetnya dibanding bermain bersama teman-temannya, remaja yang selalu sibuk dengan media sosialnya, ataupun orang dewasa yang lebih senang mengontrol pekerjaan kantor secara online, itu semua menghambat seseorang untuk bersosialisasi secara langsung.




2. Gadget Adalah Hal Nomor Satu.
          Pernahkah anda pergi tanpa membawa ponsel anda? Pernah, karena tidak disengaja. Hampir semua orang memiliki ponsel. Dan mereka menjadikan ponsel sebagai prioritas pertama. Mereka membawa ponsel kemanapun mereka pergi, ke sekolah, ke kampus, ke kantor, bahkan jika tertinggal tidak sedikit orang yang akan kembali kerumahnya hanya untuk mengambil ponsel yang tertinggal itu.
           Banyak remaja dan orang dewasa yang malas berpergian kemana-mana karena sibuk dengan ponselnya/gadgetnya dirumah. Dijaman yang serba praktis ini orang sama sekali tidak ingin direpotkan, mereka sudah terbiasa dimanjakan dengan teknologi-teknologi yang ada. Mungkin ini adalah salah satu dampak negatif dari teknologi, dapat melakukan segala sesuatu dengan mudah, namun ini lah salah satu dampak negatifnya terhadap sosialisasi.


Dibalik dampak negatif, terdapat dampak positifnya, yaitu: 

Memperbaiki pergaulan. Banyak orang yang tidak dapat bersosialisasi secara langsung, mereka disebut orang-orang yang anti-sosial. Namun dengan adanya gadget, internet, dan lain-lain mereka menjadi lebih mudah untuk berinteraksi dengan orang lain dan perlahan-lahan diterapkan kedalam kehidupan sehari-hari secara langsung.

Tingkat kualitas pendidikan meningkat.  Apa sih yang google gak tau? Pendidikan melalui internet sangat menunjang pengetahuan masyarakat, hal ini sangat baik bagi pengguna internet karena dapat menambah ilmu dan meningkatkan kualitas pendidikan. Apapun yang sedang dicari dapat ditemukan diinternet seperti pelajaran, tutorial, resep masakan, dan lain-lain yang menguntungkan. Penggunaan internet perlu diajarkan disekolah karena keuntungannya, namun batasilah pengetahuan mereka, jangan sampai mereka mengetahui apa yang seharuskan mereka tidak ketahui contohnya situs-situs porno.

         "seorang pemuda harus memiliki jiwa dan sikap metal yang bisa membawa ia menciptakan sebuah perubahan kearah yang lebih baik dan memiliki kemampuan sosialisasi ditengah kehidupan masyarakat agar ia mampuberadaptasi dengan kehidupan sosialnya" - Dewi Setyasih (http://sosbud.kompasiana.com/2013/01/09/dampak-kemajuan-teknologi-terhadap-sosialisasi-pemuda-indonesia--522872.html)


Sources:
Google.com


Jian Andhara Putri - 1KA43

Tidak ada komentar:

Posting Komentar