Pages

Dampak Positif dan Negatif Pertambahan Penduduk

       Penduduk di Indonesia semakin tahun semakin bertambah, tidak dapat dipungkiri bahwa pertambahan penduduk ini sangatlah pesat dan tidak dapat dihindarkan. Sudah banyak upaya yang dilakukan pemerintah maupun masyarakat itu sendiri untuk mengurangi pertambahan penduduk yang sangat cepat, namun tetap saja pertambahan penduduk di Indonesia belum berkurang. Salah satu upaya untuk menahan pertambahan penduduk adalah dengan program KB (Keluarga Berencana). Program ini menyarankan bagi keluarga untuk memiliki maksimal 2 anak, namun karna sosialisasi yang belum tepat, program ini belum terlaksana dengan sempurna.

      Pada zaman yang semakin maju ini, segala kebutuhan masyarakat sudah dapat terpenuhi dan terjamin, contohnya seperti fasilitas dirumah sakit yang semakin modern dan juga bahan makanan yang bergizi menyebabkan tingkat kematian di negara ini berkurang. Hal ini adalah salah satu penyebab terjadinya pertambahan penduduk yang pesat. Hal-hal lain yang menyebabkan pertambahan penduduk adalah tingkat kelahiran yang meningkat dan migrasi. Salah satu penyebab tingkat kelahiran meningkat adalah freesex atau sex bebas yang menyebar dikalangan masyarakat muda.

      Tidak dapat dipungkiri lagi bahwa pertambahan penduduk ini memiliki dampak positif dan negatif.

Dampak Positif

      Penduduk adalah unsur terpenting dalam suatu negara. Penduduk membantu meningkatkan tingkat produksi dan meningkatkan kualitas ekonomi negara. Pertambahan penduduk mengakibatkan tenaga kerja yang melimpah, hal ini sangatlah berguna bagi negara.

      Namun pada kenyataannya pertambahan penduduk memiliki dampak negatif lebih banyak dibandingkan dengan dampak positifnya.

Dampak Negatif

      Angka kemiskinan yang tinggi adalah salah satu dampak negatif pertambahan penduduk. Hal ini disebabkan oleh semakin banyaknya persaingan didalam dunia kerja mengakibatkan banyaknya tenaga kerja yang tidak mendapatkan pekerjaan (pengangguran) dan banyak tenaga kerja yang bekerja namun belum dapat memenuhi kebutuhan hidupnya karena gaji yang tidak layak diterima. Hal ini berpengaruh pada tingkat pendidikan masyarakat, karna banyak dari anak-anak tidak dapat bersekolah karna tidak mampu. Tingkat pendidikan yang rendah berakibat pada melimpahnya tenaga kerja yang kurang berkualitas.


      Lahan bercocok tanam dan tempat tinggal semakin sedikit. Banyaknya penduduk mengakibatkan kebutuhan tempat tinggal yang semakin tinggi, akibatnya banyak lahan untuk bercocok tanam yang dipakai untuk dijadikan tempat tinggal. Banyaknya tempat tinggal kumuh juga disebabkan oleh kurangnya lahan tempat tinggal yang layak. Bahaya dari tempat tinggal kumuh adalah tingkat kesehatan menurun dan gizi buruk yang dipengaruhi oleh lingkungan sekitar. Lahan yang kurang juga berdampak pada tingkat pendidikan masyarakat, kurangnya lahan untuk dibuat sekolah di daerah-daerah di pedalaman.


      Polusi meningkat. Limbah pabrik ataupun limbah rumah tangga mengakibatkan tingkat polusi meningkat. Banyak orang yang membuang limbah sembarangan, hal ini sangat merugikan karena dapat menyebabkan banjir dan meracuni habitat hewan contohnya ikan di laut, maupun cacing ditanah. Polusi juga berpengaruh terhadap kesehatan masyarakat seperti bahan makanan yang terkontaminasi menyebabkan banyak masyarakat yang sakit dan kekurangan gizi sehat.


      Bahan makanan yang sulit didapatkan. Semakin banyak penduduk maka semakin banyak bahan makanan yang dibutuhkan. Kekurangan bahan makanan menyebabkan naiknya harga bahan makanan yang semakin mendukung naiknya angka kemiskinan. Gizi buruk juga salah satu akibat dari kurangnya bahan makanan.


      Pertambahan penduduk mengakibatkan hal-hal negatif seperti yang telah dijabarkan. Oleh karena itu, sebagai penduduk yang peduli terhadap negara hendaklah kita membantu menahan laju pertambahan penduduk yang pesat seperti menerapkan program KB dan mensosialisasikannya kepada masyarakat lain. Mengurangi laju pertambahan penduduk mungkin dapat lebih mensejahterahkan masyarakat.

      
Source : 
Tugas ini disusun oleh : Jian Andhara Putri - 1KA43

Tidak ada komentar:

Posting Komentar