Pages

Upaya Pelestarian Kebudayaan Tradisional Agar Diminati oleh Masyarakat.

     Pada jaman ini, telah banyak orang yang melupakan kebuadayaan tradisional di daerahnya sendiri. Hal ini bisa saja dikarenakan pelestarian kebudayaan tradisional yang kian menipis. Kemajuan teknologi juga merupakan salah satu penyebab kebudayaan tradisional dilupakan masyarakat, contohnya seperti alat tradisional yang digunakan dalam bidang industri rata-rata sudah tergantikan oleh mesin berteknologi tinggi. Banyak hal yang menyebabkan menipisnya nilai kebudayaan didalam masyarakat, namun disamping itu, banyak juga hal yang dapat dilakukan untuk melestarikan kebudayaan-kebudayaan tersebut:

1. Lakukan dari diri sendiri.

         Lakukan dari diri sendiri. Kita harus memiliki niat untuk mempertahankan kebudayaan tradisional. Paling tidak kita mengetahui kebudayaan apa saja yang terdapat pada daerah yang kita tinggali. Dan akan lebih baik lagi jika kita mempelajarinya.




2. Mensosialisasikan kepada orang lain.
       
        Jika kita telah mengetahui atau bahkan mempelajari budaya tradisional disuatu daerah, maka sosialisasikanlah kepada masyarakat lain yang mungkin belum tahu atau sudah lupa akan budaya tersebut. Contohnya dengan mengadakan Festival Seni Budaya disekolah-sekolah, mengadakan lomba-lomba yang berhubungan dengan budaya tradisional seperti lomba tari daerah, atau mengadakan hari Batik se-Indonesia, hal-hal itu memang sepele, tetapi pengaruhnya terhadap pelestarian budaya tradisional sangat besar. Masyarakat akan mengingat kembali betapa kayanya negri ini akan budaya yang indah. Dengan begitu, masyarakat akan sadar betapa penting dan berharganya budaya yang kita miliki.




        Kebudayaan bukanlah hal yang bisa diabaikan, kebudayaan haruslah diturunkan kepada generasi-generasi penerus bangsa karena kebudayaan adalah salah satu harta yang tidak semua negara memilikinya.


Tugas ini disusun oleh Jian Andhara Putri 1KA43.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar