Pages

Teori Organisasi Umum (Softskill) - Tugas Contoh Kasus

Contoh kasus 1 : Perusahaan Tri-Energi

Pertanyaan :
1. Apa ciri-ciri birokrasi yang telah terlibat pada situasi tersebut?
jawab : Para pejabat sebagai subjek untuk mengontrol dan mendisiplinkan (the official is subject to control and discipline)

2. Apakah Joni Bolang harus memberhentikan 5000 karyawan perusahaan? Mengapa? Apa masalah-masalah dan kebaikan-kebaikan tindakan tersebut menurut perkiraan saudara bila dia melakukannya?
jawab : Menurut saya, Joni Bolang sebaiknya memberhentikan beberapa karyawan yang memang sangat tidak diperlukan tetapi untuk mereka yang memiliki potensi untuk memajukan perusahaan sebaiknya dipertahankan. Karena jika Joni Bolang mempertahankan para pekerja yang tidak diperlukan itu, perusahaannya akan semakin terpuruk karena laba yang didapatkan semakin menurun. Namun, memberhentikan para karyawan akan menyebabkan banyaknya karyawan yang kehilangan pekerjaan. Oleh karena itu, perlu disaring secara sangat teliti mana yang harus diberhentikan dan mana yang pantas dipertahankan.

3. Bagaimana cara agar situasi ini dapat dihindarkan atau dicegah?
jawab : Situasi yang seperti ini adalah dengan menghapuskan sistem otomatisasi fasilitas dan kembali ke sistem manual atau membagi shift pekerja.
       Untuk mencegah situasi ini, seharusnya dari awal para pimpinan perusahaan lebih teliti lagi untuk mengambil suatu langkah, salah satunya adalah untuk meng-hire karyawan, karena jika gegabah hanya karna ada suatu masalah yang ingin dihindarkan masalah yang lain mungkin datang seperti kasus perusahaan Tri-energi ini. Jadi, semua tindakan yang diambil perusahaan harus dipikirkan dengan matang resiko-resiko yang mungkin kedepannya terjadi karena keputusan tersebut.

Contoh kasus 2 : Budiono Menerima Tawaran Pekerjaan Baru

Pertanyaan :
1. Apa prinsip-prinsip manajemen yang akan dilanggar bila Budiono menerima tugas atau pekerjaan baru tersebut?
jawab : Budiono akan melanggar prinsip "Kesatuan Komando" yang artinya adalah setiap pekerja harus memiliki satu bos tanpa ada komando lain yang bertentangan.Jika Budiono menerima pekerjaan tersebut akan ada 2 komando yang harus ia jalani.

2. Bila Budiono menerima penugasan baru, apa macam-macam masalah yang kemungkinan besar akan terjadi?
jawab : Jika ia menerima pekerjaan itu, sangat besar kemungkinan salah satu pekerjaan yang ia jalani tidak akan dijalani dengan maksimal atau malah terabaikan. Apalagi dalam soal pekerjaan yang ditawarkan oleh Tajudin, Wijoyo tidak diberitahu maka kemungkinan besar juga akan terjadi kesalah-pahaman antara kedua atasan Budiono tersebut.

3. Apa rekomendasi-rekomendasi yang akan saudara ajukan untuk memperbaiki susunan organisasi, atau untuk mengurangi masalah-masalah potensial perusahaan?
jawab : Dalam sebuah perusahaan, komunikasi antar karyawan maupun atasan adalah sesuatu yang sangat penting agar dapat menghindari situasi yang tidak diinginkan seperti kesalah-pahaman. Dibuatnya suatu peraturan baru seperti melarang seseorang untuk memiliki lebih dari 1 jabatan, dengan begitu Budiono tidak dapat menerima pekerjaan yang ditawarkan oleh Tajudin dan fokus pada pekerjaan yang diberikan oleh Wijoyo.

Contoh kasus 3 : Manajemen Ilmiah Berarti Ekspoilatasi dan Dehumanisasi Karyawan?

Pertanyaan :
1. Apakah pendapat professor LKH dapat dibenarkan?
jawab : Ya, karena memang sudah beberapa perusahaan yang menerapkan teori Taylor memberhentikan karyawan-karyawannya. Teori ini memaksakan para pekerja bekerja dengan sangat teliti berdasarkan cara bekerja itu sendiri, waktu yang dibutuhkan, dan hasil produksi yang harus sesuai dengan yang diharapkan.Namun, teori ini juga dibuat untuk meningkatkan produktivitas perusahaan.

2. Apa elemen-elemen manajemen ilmiah dan perkembangan histori aliran tersebut yang telah menyebabkan professor LKH memiliki pendapat seperti itu?
jawab : Banyaknya pekerja yang diberhentikan oleh perusahaan-perusahaan yang menganut teori Taylor ini.

3. Anggap saudara tidak menyetujui pendapat professor LKH dan dapat kesempatan mendebatkannya. Dalam hal-hal apa saja saudara akan menyanggah pernyataannya?
jawab : Dalam hal tujuan dan keuntungan yang akan didapatkan oleh perusahaan yaitu produktivitas meningkat dan keuntungan untuk para pekerja yaitu efisiensi pekerja yang juga meningkat dengan dianutnya teori Taylor ini.


Nama : Jian Andhara Putri
Kelas : 1KA43
14113644

Tidak ada komentar:

Posting Komentar