Pages

Tugas : WEB 2.0

Jian Andhara Putri – 3KA43
14113644
WEB 2.0
Apakah yang dimaksud dengan web 2.0?
                Nah, sebenarnya web 2.0 adalah pengembangan dari web yang sudah ada. Sebelum web 2.0, kita memakai web 1.0 yang merupakan teknologi awal dari sebuah website. Namun, web 1.0 hanya dapat membagikan informasi tanpa dapat mendapatkan feedback dari penggunanya. Karena keterbatasan dari web 1.0 inilah yang membuat Tim O’Reilly tertarik untuk mengembangkan teknologi website yang akhirnya lahirlah web 2.0.
                Web 2.0 pertama kali dicetuskan oleh O’Reilly Media pada tahun 2003. Pada tahun 2004 akhirnya web 2.0 ini dipopulerkan melalui sebuah konferensi antara O’Reilly dan MediaLive International. Web 2.0 adalah website yang memungkinkan adanya interaksi antara pemilik dan pengguna dengan konsep yang lebih mudah. Setelah nama Web 2.0 dipopulerkan, terdapat banyak pro dan kontra tentang hal ini. Beberapa orang mengatakan bahwa web 2.0 hanyalah kata kunci pemasaran namun sebagian orang menerima web 2.0 sebagai inovasi baru.
Salah satu ciri-ciri dari web 2.0 adalah Harnessing Collective Intelligence yaitu web memiliki kemampuan untuk mengumpulkan data dari pengguna dan memakainya sebagai isi konten dari web tersebut contohnya Youtube.com. Ciri lain web 2.0 adalah web sebagai platform(Web as a Platform) yaitu web yang digunakan sebagai tempat menjalankan aplikasi, Lightweight Programming Models yaitu pembuatan web 2.0 menggunakan bahasa yang ringan dan mendukung pengembagan program, Data is the Next Intel Inside yang dimaksud bahwa data adalah kekuatan dari web 2.0 karena berbagai website yang termasuk web 2.0 memiliki database yang kuat dan unik.

Sources :


Tidak ada komentar:

Posting Komentar