Pages

Tugas : Proyek Ara

Jian Andhara Putri – 3KA43
14113644

Ara Project (Proyek Ara)
                Proyek Ara adalah proyek yang dikeluarkan oleh Google bertujuan untuk membuat smartphone yang bersifat rakitan. Sesuai dengan konsep proyek ini yaitu agar pengguna smartphone tidak hanya menjadi konsumen yang buta. Maksud dari buta disini adalah konsumen yang hanya memakai tetapi tidak mengetahui bagaimana smartphone yang mereka pakai diciptakan, bagaimana smartphone bekerja, dan sebagainya. Proyek ini juga diciptakan agar para pengguna dapat membangun smartphone yang mereka inginkan dengan pilihan hardware mereka sendiri.
                Smartphone Ara sendiri dirancang menggunakan modul yang dimasukkan ke dalam bingkai yang menjadi komponen utama dari smartphone Ara tersebut. Bingkai ini berfungsi sebagai perantara jaringan perangkat yang menghubungkan seluruh modul (layar, papan ketik dan atau memori tambahan) secara bersamaan. Modul ini dapat menyediakan fitur smartphone umum, seperti kamera dan speaker, namun juga dapat menyediakan fitur yang lebih terspesialisasi seperti perangkat kedokteran, printer mini, laser pointer, proyektor mini, sensor penglihatan malam, atau tombol kendali game.
                Untuk mendukung keberhasilan dari proyek Ara ini, Google menyediakan berbagai varian prosesor seperti Rockchip, Marvell, dan Nvidia. Beberapa situs web menyebutkan bahwa Google akan bekerja sama dengan Quanta. Quanta adalah salah satu produsen manufaktur hardware yang nantinya akan membuat referensi desain dalam penggarapan smartphone proyek Ara ini. Untuk setiap desain, Google dan Quanta akan memberikan varian prosesor Nvidia Tegra K1 dan varian prosesor Marvel PXA1928.
                Jadi, tertarikkah anda untuk mencoba merakit smartphone anda sendiri?
Sources :

Tidak ada komentar:

Posting Komentar