Pages

Lebih mengenal komputer

Komputer telah menjadi bagian penting dalam sejarah perkembangan hidup manusia. Bisa dikatakan hampir tidak ada manusia yang tidak pernah bersentuhan dan menggunakan komputer. Penggunaan komputer itu bermacam-macam sesuai dengan kebutuhan si pemakai dan juga tergantung dari jenis-jenis komputer yang mereka miliki. Oleh karena itu, sebenarnya apa saja jenis komputer yang ada sekarang ini?

Bila kita termasuk orang yang selalu menggunakan komputer dalam setiap aspek hidup kita, maka mengenal lebih jauh mengenai jenis-jenis komputer adalah suatu hal yang lumrah untuk menambah pengetahuan kita.

Pertama, kita perlu mengetahui definisi dari komputer. Menurut pengertian sederhana, komputer dapat didefinisikan sebagai sebuah alat elektronik yang memproses data dan mengubahnya ke dalam bentuk informasi yang berguna bagi setiap orang.

Untuk membaca artikel ini pun Anda pasti menggunakan komputer. Komputer generasi pertama dibuat pada abad ke-17 yang dikenal dengan generation zero (generasi nol/awal). Sedangkan pada saat sekarang ini, kita berada pada zaman komputer generasi ke-5 dengan penggunaan artificial intelligence (intelejensi buatan), quantum computatition, nanotechnology, dan sebagainya.

Jenis-jenis komputer itu sendiri terdiri dari berbagai macam, di antaranya sebagi berikut.

1. PC (Personal Computer)

PC biasa disebut desktop komputer karena dalam penggunaannya biasa diletakkan di atas meja. Sekitar 93% dari populasi pengguna komputer menggunakan komputer jenis ini. PC tersedia dalam berbagai bentuk dan desain, dan biasanya berjalan dengan sistem operasi Microsoft Windows (Windows XP, Vista, 7). Memang penggunaan sistem operasi dalam PC selain Windows adalah memungkinkan, namun seiring dengan perkembangannya, terutama pada zaman ini, PC selalu identik Microsoft Windows.

PC dapat digunakan untuk berbagai macam variasi kebutuhan karena sifat dan perkembangannya yang kompatibel dengan berbagai aplikasi komputer. Oleh karena itu penggunaan PC dapat ditemukan di mana-mana, mulai dari kantor, rumah, sekolah dan juga perpustakaan.

2. Laptop atau Notebook

Sama seperti namanya, notebook dapat diartikan sebagai buku saku. Laptop merupakan versi kecil dari sebuah PC yang mempunyai keunggulan bisa dibawa ke mana saja dan dengan mudah dimasukkan ke dalam tas. Laptop juga dapat digunakan di mana saja (mobile) karena penggunaan baterai yang dimilikinya yang dapat diisi ulang menggunakan arus listrik sama seperti halnya dengan telepon seluler.

3. Netbook
o
Seiring dengan perkembangannya, laptop yang dirasa cukup mahal karena terlalu banyaknya fitur dan teknologi yang terlalu mahal untuk sebuah komputer mobile, kemudian mengalami perubahan. Diawali dengan munculnya netbook Asus eee maka mulailah boermunculan tipe-tipe baru netbook murah yang cukup terjangkau bagi setiap kalangan. Pengurangan fitur teknologi membuat netbook hanya mampu menjalankan fungsi pemrograman sederhana. Penggunaan netbook pun telah menjadi primadona di kalangan pencinta gadget.

4. Macs

Macs sendiri adalah kepanjangan dari Macintosh yang merupakan jenis yang sama dari sebuah PC. Namun, dianggap berbeda karena penggunaan sistem operasinya yang menggunakan Mac OS seperti OS X Leopard. Mac mempunyai keuntungan dalam segi stabili tas sistem, desain, serta program yang unik dan bergerak dengan kecepatan proses yang cepat. Penggunaan Mac lebih digandrungi oleh para profesional di bidang grafik digital.

5. Mainframe

Mainframe adalah sebuah komputer besar dengan kemampuan super yang dilengkapi dengan tumpukan Hard Drive dan RAM yang banyak dan menjalankan beberapa CPU secara bersama-sama. Jenis komputer ini bertujuan untuk menjalankan komputerisasi data dalam jumlah besar dengan sistem kecepatan yang super.

6. Server

Server merupakan komputer pusat dengan kapabilitas yang besar yang biasanya terdapat dalam satu buah jaringan intranet seperti di dalam satu gedung kantor. Kegunaannya untuk menjalankan fungsi yang diminta dari komputer lain yang berada dalam jaringannya.

Itulah beberapa jenis komputer yang sebagian besar dan secara umum digunakan oleh manusia saat ini. Semoga artikel ini dapat berguna untuk menambah pengetahuan dan wawasan Anda mengenai dunia komputer.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar